Infrastruktur di Pasar Modal Syariah

Posted on Posted in Capital Market, Shariah

Investor yang akan berinvestasi di pasar modal Syariah selain harus mengerti Efek syariah dan cara transaksinya juga harus memahami dan mengetahui infrastruktur yang ada di pasar modal Syariah. Secara garis besar, infrastruktur pasar modal Syariah terdiri dari:

1. Landasan Hukum
Pasar modal Syariah Indonesia telah mempunyai landasan hukum, baik level Undang-undang maupun peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Undang-undang yang terkait dengan pasar modal Syariah adalah UU No.19 tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Selain itu, ada juga tiga peraturan OJK tentang pasar modal Syariah yaitu peraturan no. II.K.I tentang kriteria Daftar Efek Syariah (DES), no. IX.A.13 tentang Efek Syariah dan IX.A.14 tentang Akad-akad dalam penerbitan Efek Syariah.

2. Sistem Perdagangan
Sama seperti transaksi non Syariah, pasar modal Syariah di Indonesia menggunakan JATS (Jakarta Automated Trading System) sebagai mesin perdagangangnya. Setiap penawaran dan pembelian Efek melalui BEI akan bertemu di JATS, baik transaksi melalui telepon ataupun online trading. Waktu transaksi melalui JATS dibatasi berdasarkan pembagian sesi, yaitu sesi I mulai dari jam 09.00 – 12.00, dan sesi II setelah istirahat sampai jam 16.00. Sebelum sesi I dibuka ada sesi pre opening, sebelum sesi II ditutup ada sesi pre closing dan setelah sesi II ditutup ada sesi post trading.

3. Instrumen Perdagangan
Instrumen perdagangan adalah setiap variabel yang perlu diketahui oleh investor untuk membantu melakukan transaksi Efek di pasar modal. Yang termasuk dalam kategori instrumen perdagangan diantaranya adalah: indeks harga saham sebagai indikator kinerja saham dan pembanding kinerja pasar. Fraksi harga atau tick size sebagai satuan nilai setiap order jual ataupun beli Efek. Auto rejection sebagai indikator maksimal pergerakan harga saham dalam sehari. Market breaker atau halting sebagai tindakan penghentian sementara transaksi di pasar, baik secara keseluruhan maupun per sesi.

 

< previous                    next >

back to learning |

One thought on “Infrastruktur di Pasar Modal Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *