Efek Syariah

Posted on Posted in Capital Market, Products, Shariah

Efek Syariah adalah semua Efek yang memenuhi kriteria Syariah. Efek adalah aset keuangan yang menjadi objek transaksi atau investasi di pasar keuangan. Efek dapat disebut juga sebagai produk pasar modal atau sekuritas. Pada dasarnya, semua Efek dapat menjadi Efek Syariah sepanjang memenuhi kriteria Syariah.

Berdasarkan jenisnya, Efek dikategorikan menjadi:

  • Efek Ekuitas (Equity) adalah Efek yang berbasis penyertaan modal. Semua pemegang atau investor Efek ekuitas akan diperlakukan sebagai pemegang saham karena dengan membeli Efek Ekuitas maka investor ikut menambah modal perusahaan sehingga menjadi bagian dari pemilik perusahaan. Efek yang paling dikenal dari kelompok ini adalah saham (share/stock). Efek ini dapat menjadi Efek Syariah sepanjang memenuhi kriteria Syariah yaitu: jenis usahanya sesuai Syariah dan atau rasio keuangan (sumber dana dan pendapatan) memenuhi kriteria Syariah.
  • Efek Berpendapatan Tetap (Fixed Income Securities) adalah Efek yang berbasis hutang. Pemegang atau investor Efek ini diperlakukan sebagai pemberi hutang karena transaksi antara institusi penerbit Efek dengan pembeli Efek adalah hutang piutang. Efek ini mempunyai jangka waktu dan memberikan bunga dengan nilai yang tetap secara periodik. Efek ini tidak dapat menjadi Efek Syariah karena transaksi hutang piutang dengan objek uang dilarang oleh Syariah dan kegiatan meminjamkan uang adalah bagian dari transaksi tabarru (tolong menolong).
  • Efek Terstruktur (Structured Product) adalah Efek yang berasal dari struktur Efek lainnya. Efek ini merupakan turunan dari Aset keuangan lainnya. Efek ini biasanya diciptakan oleh lembaga keuangan lain bukan oleh penerbit dari Aset keuangan. Tujuan dari diciptakannya Efek ini adalah selain untuk melindungi nilai investasi (hedge transaction) juga untuk memberikan pilihan investasi bagi para investor di pasar modal. Efek ini dapat menjadi Efek syariah sepanjang memenuhi kriteria Syariah. Salah satu jenis Efek Syariah dari kategori ini adalah Exchange Traded Funds (ETF) Syariah.
  • Efek Berbasis Sekuritisasi Aset (Asset Backed Securities)  adalah Efek yang diciptakan dari Aset yang di sekuritisasi. Oleh sebab itu, Efek ini selalu mempunyai underlying asset yang menjadi dasar aset yang disekuritisasi. Efek ini biasanya diperlakukan sebagai Efek berpendapatan tetap karena beberapa karakteristiknya relatif sama, seperti maturity date (umur Efek), pendapatan imbal hasil yang reguler dan perhitungan imbalannya. Efek ini bisa menjadi Efek Syariah sepanjang memenuhi kriteria Syariah. Salah satu jenis Efek Syariah dari kategori ini adalah Sukuk.
  • Efek Derivatif (Derivatives Product) adalah Efek yang diciptakan dari Efek lainnya atau sering juga disebut sebagai Efek turunan. Efek ini hanya dapat diciptakan apabila ada Efek yang menjadi underlying, tidak harus aset. Terdapat beberapa kemiripan karakteristik Efek Derivatif dengan Efek produk terstruktur, misalnya perlu ada underlying Efek, dan tujuannya untuk hedging dan speculating. Ada beberapa jenis dari Efek derivatif yang dapat menjadi Efek Syariah, sepanjang underlying yang digunakan memenuhi kriteria Syariah.

 

< previous               next >

| back to Learning |

 

2 thoughts on “Efek Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *