Return dan Risiko Investasi

Posted on Posted in Capital Market

Keuntungan atau hasil dari investasi terdiri dari dua jenis. Pertama, keuntungan yang nilainya tetap selama periode investasi dan kedua adalah keuntungan yang nilainya tidak tetap. Keuntungan yang nilainya tetap diperoleh dari investasi yang berbasis hutang piutang, seperti obligasi. Keuntungan yang nilainya tidak tetap diperoleh dari investasi yang berbasis jual beli, baik aset riil ataupun aset keuangan seperti saham. Keuntungan atau hasil dari investasi disebut return atau rate of return.

Dalam setiap investasi selalu ada risiko yang merupakan variabel ketidakpastian. Investasi selalu berhubungan dengan variabel waktu di masa depan sehingga selalu ada risiko investasi. Dapat diartikan bahwa risiko adalah potensi kerugian dari investasi di masa depan.

Keuntungan investasi selalu diikuti dengan potensi kerugian. Oleh sebab itu, selain bertujuan untuk mendapatkan keuntungan maka investasi adalah bertujuan untuk mengurangi potensi kerugian. Apabila keuntungan adalah selisih positif harga jual dengan harga beli, maka kerugian merupakan selisih negatif dari harga jual dengan harga beli.

P(jual) > P(beli) maka keuntungan positif (return)
P(jual) < P(beli maka keuntungan negatif (loss)

Risiko dalam investasi tidak bisa dihilangkan tetapi bisa dikelola atau dikurangi.

< previous                  next >

back to learning |

One thought on “Return dan Risiko Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *